BREAKING NEWS

Berita Muhammadiyah

Kabar Persyarikatan

Muhammadiyahku

Wednesday, August 3, 2016

AKIBAT ROKOK RATUSAN RIBU ORANG MENINGGAL TIAP TAHUNNYA




Indonesia sebagai satu diantara negara dengan jumlah perokok aktif terbesar didunia. ternyata juga menyumbang angka kematian  terbesar  akibat rokok. menurut kementerian kesehatan sekitar 200ribuan masyarakat indonesia, meninggal tiap tahunnya akibat rokok.
Ditengah ramainya pembahasan rancangan undang undang pertembakauan, yang ditengarai sebagai  upaya melindungi produksi rokok ditanah air, ternyata kembali mencuatkan sejumlah persoalan yang diakibatkan oleh rokok itu sendiri. diataranya adalah perihal angka kematian yang kian bertambah diakibatkan polusi dari asap rokok.
Beragam penyakit hingga berujung kepada kematian  ditimbulkan oleh racun dari rokok, bahkan penyebaran penyakit dari rokok ini pun juga tidak hanya menyasar para perokok aktif, namun juga menimpa perokok pasif hingga anak-anak yang terpapar langsung asap rokok.
Menurut data yang dirilis badan kesehatan pbb atau yang dikenal dengan who menyebutkan dampak tembakau ini, setidaknya telah membunuh 600.000 perokok pasif per tahunnya. angka lebih mengerikan terjadi di tahun 2004, di mana sepertiga kematian anak terjadi karena posisinya sebagai perokok pasif.
Dan diperkirakan pada tahun 2030 nanti, tembakau akan membunuh lebih dari delapan juta orang per tahunnya. empat dari lima kematian yang terjadi berasal dari negara berpenghasilan menengah dan rendah termasuk indonesia . kematian ini berasal dari kanker, diabetes, penyakit pernapasan akut, dan jantung.
Bahkan dari rilis kementerian kesehatan, indonesia yang termasuk negara ketiga terbesar angka kematian akibat rokok, terhitung sebanyak 200ribu lebih warganya meninggal setiap tahun akibat rokok.
Rokok yang bersifat adiktif atau dapat menimbulkan kecanduan ini, salah satunya disebabkan oleh racun nikotin yang terdapat didalamnya. kecanduan nikotin memiliki efek buruk bagi kesehatan.
Dampak kesehatan sangatlah nyata dari meluasnya peredaran rokok. dari data riset kesehatan dasar atau riskerdas, kementerian kesehatan, mencatat 85 persen anak-anak indonesia tekah terpapar asap rokok, baik itu di rumah maupun di tempat-tempat umum dan kendaraan. dan lebih memilukan lagi indonesia tercatat sebagai negara dengan perokok usia remaja hingga anak-anaknya terbanyak didunia. bahkan media asing sempat menyebut indonesia sebagai negara    “baby smokers country “.



 
Copyright © 2016 BERITA BERKEMAJUAN
Powered by Journalis Online