BREAKING NEWS

Berita Muhammadiyah

Kabar Persyarikatan

Muhammadiyahku

Sunday, May 21, 2017

MUHAMMADIYAH TIDAK ANTI BUDAYA

Songsong bulan suci ramadhan 1438 h pimpinan ranting muhammadiyah tamantirto menggelar pagelaran wayang kulit dengan lakon wahyu makutarama hasta brata yang dimainkan oleh ki dalang seno.
Pagelaran ini digelar dipelataran masjid pada sabtu malam 20/05/2017 dan secara langsung dibuka oleh ketua umum pimpinan pusat muhammadiyah haedar nashir. Dalam sambutannya haedar mengatakan bahwa selama ini banyak orang beranggapan bahwa muhammadiyah tidak menyukai pagelaran wayang ,maupun pagelaran budaya yang lain.
Namun dengan adanya pagelaran wayang yang dilakukan oleh pimpinan ranting muhammadiyah tamantirto itu telah mematahkan anggapan tersebut.
Muhammadiyah tidak anti budaya, bahkan muhammadiyah justru mendukung penuh dan menghargai kebudayaan. Bahkan muhammadiyah telah meluncurkan dakwah kultural sejak tahun 2002 ungkap haedar.
Dakwah kultural itu sendiri yaitu muhammadiyah dalam berdakwah memadukan antara islam dan kebudayaan dengan cara  bil hikmah wal mau'idhotil hasanah wa jadilhum bil lati hiya ahsan,” terang haedar.

Lakon hasta brata ini merupakan kisah dua tokoh yaitu Ramayana dan baratayuda untuk menyampaikan delapan pesan ajaran laku dari srikesna untuk arjuna. Hasta brata sendiri merupakan symbol alam semesta. Haedar menjelaskan agar pemimpin dapat memimpin dengan mumpuni maka ia harus meneladani watak dan tugas  yang tercermin dalam ajaran hasta brata.
 
Copyright © 2016 BERITA BERKEMAJUAN
Powered by Journalis Online