BREAKING NEWS

Berita Muhammadiyah

Kabar Persyarikatan

Muhammadiyahku

Tuesday, January 8, 2019

Potret Indonesia 2019

Kemajuan zaman memasuki era industri 4.0,  gelombang disruption, serta perkembangan sains dan informasi teknologi yang kian canggih, membuat warga dunia dan tatanan dunia makin “tunggang langgang” kata Anthony Giddens.

Warga dunia dan tata dunia yang ramah menjadi penting untuk berbenah secara serentak, bila kehidupan dan kemanusiaan yang adil dan beradab, perdamaian dunia tetap ingin disemaikan untuk kesejahteraan dan keadilan warga dunia di belahan manapun. Pembangunan kota-kota hingga kabupaten di dunia,, wajib memperhatikan ekosistem alam dan lingkungan global. Demikian pula perencanaan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sarana dan prasana kehidupan warga dunia yang kian borderless, harus senantiasa bertumpu pada terjaganya ekosistem pl;anet bumi dan langit yang sehat dan ramah lingkungan.

Penduduk Indonesia yang kini mencapai 265.000.000 (Bank Dunia, 2018), pertumbuhan ekonomi yang cukup menggembirakan, program pembangunan kesejahteraan, pendidikan, kesehatan bangsa yang terus membaik, termasuk infrastruktur jalan yang menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi antarkota dan kabupaten hingga pedesaan. Menyiratkan optimisme bangsa ini memasuki era inudstri 4.0 bahu membahu dengan negara lainnya di ASEA< ASIA, Eropa, Amerika, hingga Timur Tengah. Tidak sedikit masalah dan ketimpangan pembangunan negeri ini yang dirasakan segenap bangsa. Koreksi atas paradigma, filisofi, perencanaan dan praksis bembangunan Indoiesia yang ramah lingkungan dan berkeadilan sosial, sebuah agenda kebijakan publik yang terus menerus perlu dikumandangkan.

Merujuk dinamika global dan kemajuan saintek sebagaimana dimaksud, Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah berkepentingan memaparkan catatan-catatan evaluatif dan optimisme bangsa Indonesia memasuki 2019, kendatipun tahun politik (pemilu serentak pileg dan pilpres) menjadi bumbu dinamika demokrasi substantif negeri ini, yang patut kita rawat dan syukuri.

 


 
Copyright © 2016 BERITA BERKEMAJUAN
Powered by Journalis Online